Belajar Sains

Dengan cara apa anak dapat belajar sains :
Ø Observing yakni melakukan kegiatan langsung dilapangan untuk melakukan pengamatan-pengamatan terhadap suatu materi pembelajaran. (contoh dengan cara : menggunakan semua indera untuk mengamati bagianbagian daun denga menggunakan lensa pembesar untuk mengamati bagian-bagian daun)
Ø Sorting and Grouping yakni membandingkan atau mengelompokkan untuk melihat pola persamaan/perbedaan, anak mengelompokkan benda-benda sekitar sekolah kedalam kelompok makhluk hidup dan tak hidup.
Ø Raising questions/formulated questions yakni merumuskan masalah dengan menggunakan kata tanya apa, mengapa, manakah, kapan dan bagaimana . contoh : manakah yang termasuk biji, daging buah?, manakah yang termasuk makhluk tak hidup?, mengapa daun berwarna hijau?)
Ø Predicting/making hypotheses, adalah membuat kesimpulan sementara/membuat hipotesis. Contoh: dengan menggunakan kata “saya kira/ berpikir/berpendapat bahwa gula lebih cepat larut daripada garam, saya kira kelarutan zat dipengaruhi oleh pengadukan”
Ø Testing atau juga dapat dikatakan eksplorasi, investigasi, memberi perlakuan, melakukan percobaan. contoh: siswa melarutkan gula kedalam air, melarutkan garam ke dalam air, memberi perlakuan pengadukan, suhu air dijaga tetap,
Ø Recording, yaitu merekam, mengumpulkan data, mengumpulkan informasi, mendokumentasikan, memasukkan data kedalam tabel, gambar, • Interpreting findings (membuat grafik pengamatan, menganalisis hasil)
Ø Communicating yaitu melaporkan, mendiskusikan temuan dengan guru, kemudian mendiskusikannya dengan teman, saling memberikan tanggapan dan selanjutnya menyimpulkan hasil dari sebuah diskusi, melaporkan hasil, memajang hasil temuan)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Science of Mantiq

Wibawa/Kewibawaan