Dengan cara apa anak dapat belajar sains :
Ø Observing yakni melakukan kegiatan langsung dilapangan untuk melakukan pengamatan-pengamatan terhadap suatu materi pembelajaran. (contoh dengan cara : menggunakan semua indera untuk mengamati bagianbagian daun denga menggunakan lensa pembesar untuk mengamati bagian-bagian daun)
Ø Sorting and Grouping yakni membandingkan atau mengelompokkan untuk melihat pola persamaan/perbedaan, anak mengelompokkan benda-benda sekitar sekolah kedalam kelompok makhluk hidup dan tak hidup.
Ø Raising questions/formulated questions yakni merumuskan masalah dengan menggunakan kata tanya apa, mengapa, manakah, kapan dan bagaimana . contoh : manakah yang termasuk biji, daging buah?, manakah yang termasuk makhluk tak hidup?, mengapa daun berwarna hijau?)
Ø Predicting/making hypotheses, adalah membuat kesimpulan sementara/membuat hipotesis. Contoh: dengan menggunakan kata “saya kira/ berpikir/berpendapat bahwa gula lebih cepat larut daripada garam, saya kira kelarutan zat dipengaruhi oleh pengadukan”
Ø Testing atau juga dapat dikatakan eksplorasi, investigasi, memberi perlakuan, melakukan percobaan. contoh: siswa melarutkan gula kedalam air, melarutkan garam ke dalam air, memberi perlakuan pengadukan, suhu air dijaga tetap,
Ø Recording, yaitu merekam, mengumpulkan data, mengumpulkan informasi, mendokumentasikan, memasukkan data kedalam tabel, gambar, • Interpreting findings (membuat grafik pengamatan, menganalisis hasil)
Ø Communicating yaitu melaporkan, mendiskusikan temuan dengan guru, kemudian mendiskusikannya dengan teman, saling memberikan tanggapan dan selanjutnya menyimpulkan hasil dari sebuah diskusi, melaporkan hasil, memajang hasil temuan)
Komentar
Posting Komentar